Cara Mengatasi "Peringatan Missing Required Field Updated" Pada Blogger

Cara Mengatasi "Peringatan Missing Required Field Updated"
Apa yang menyebabkan adanya Peringatan: Missing required field "updated" dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab adanya peringatan missing required field "update" adalah karena googlebot tidak dapat mendeteksi tanggal dan jam postingan pada saat anda membuat artikel baru.

Kebanyakan dari bloggers tidak pernah memperhatikan hal-hal seperti ini dan hanya berfokus kepada hal-hal lain seperti sibuk mencari backlink yang berkualitas, mencari ide-ide segar untuk mempersiapkan postingan selanjutnya dan tidak memperhatikan kesehatan blognya sendiri.

Memang banyak orang lain beranggapan bahwa peringatan semacam itu tidaklah penting dan tidak akan berpengaruh terhadap pagerank blog pada search engine, tetapi tidak menurut saya. Kenapa? karena jika webmaster seperti google sendiri sudah menemukan adanya error pada blog dan memberikan peringatan, itu berarti blog tersebut sudah dinyatakan tidak sehat.

Untuk mengetahui apakah blog anda sudah lolos dari peringatan Missing required field "updated", anda bisa mengeceknya di webmaster tool richsnippets.

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi peringatan error tersebut tidaklah susah, hanya saja memerlukan ketelitian dalam memasang beberapa kode ke dalam template blog. Namun sebelum pamasangan kode anda lakukan, saya sarankan untuk membackup template karena apabila terjadi kesalahan dalam pemasangannya, anda bisa mengembalikannya ke keadaan semula.

Kode yang diperlukan dan cara pemasangannya ke dalam blog.

  • Langkah pertama yang anda harus lakukan yakni login ke blogger
  • Pada Dashboard, pilih Template » Edit HTML serta jangan lupa mencentang "Expand Template Widget"
  • Langkah selanjutnya cari kode seperti di bawah ini :
<a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></a>
  • Jika sudah menemukan kode seperti di atas, ganti kode yang saya beri tanda merah di atas dengan kata "updated". Maka hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini :
<a class='updated' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='updated' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></a>
  • Selanjutnya, simpan template.
Namun, jika kode di atas tidak terdapat dalam template anda, anda bisa mencopy kode di atas dan memasukkannya ke dalam template dan berikut caranya :
  • Pertama cari kode <b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
  • Jika sudah ketemu, copy kode di bawah ini dan pastekan tepat di atas kode <b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
<div class='vcard' id='hcard- Ganti dengan nama anda'>
<span class='fn n'>
<span class='given-name'></span>
</span>
<a class='updated' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='updated' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></a>
</div>
  • Langkah selanjutnya, simpan template dan lihat hasilnya
Jika penjelasan di atas masih belum dimengerti, silahkan meninggalkan komentar. Terima kasih.

Unknown
Unknown

66 comments:
Write comment
  1. Mantep gan! emang betul kadang2 tuk hal2 yng penting suka kelupaan wah makasih nih tambah ilmu, seep dech!! tingkiew!

    ReplyDelete
  2. Sudah ane tambahkan, tapi kok masih missing nya ya??

    ReplyDelete
  3. blog ane sekarang lagi kena masalah seperti Gan.. Izin nyoba Gan nanti kalau kesulitam saya hubungi Agan.. Terimakasih banyak Gan.. Kalau ada waktu mampir diblog saya yang amburadul Gan.. Thanks.
    http://www.tipsanda.tk

    ReplyDelete
  4. thank's gan jgn lupa berkunjung di blogg anee...:D ,,,,,
    htttp://nokia-flasher.blogspot.com

    salam blogger

    ReplyDelete
  5. Thanks banget bro.. sangat bermanfaat sekali :D saya berhasil pakai cara pertama... keep share :D

    ReplyDelete
  6. dah saya coba gan semoga berhasil amiinn.. hehe..

    ReplyDelete
  7. Joshh mantep... makasih banyak om, dah saya coba di template ku ada 2x objek kata 'published" dan 'timestamp-link'


    dan dua nya saya ubah menjadi update dan berhasil , makasih bnyak y om.. salam blogger www.belitungku.com

    ReplyDelete
  8. Makasih banyak gan, waduh tadinya ane takut banget gan setelah nemukan peringatan itu ada di tiap data postingan ane, Thanks Gan. sangat membantu

    ReplyDelete
  9. Makasih infonya gan.. (y)

    ReplyDelete
  10. makasih bos infonya. barusan googling karena google rich snippet bilang begitu.. eh ketemu blog ini. Good Luck ya!

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Mas, mau tanya nih, html blogku kok gak ada kode ini ya,
    b:if cond='data:post.hasJumpLink'

    Dan setelah di cek ke google rich sippets ada 5 post dengan keterangan seperti ini :
    Warning: Missing required field "updated".
    Warning: Missing required hCard "author".

    Mohon pencerahannya gan.. makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kodenya ditempatkan di atas tag ini:
      <div class='post-header-line-1'/>

      Delete
  13. gan, kok tetap aja setelah saya edit sesuai petunjuk dari agan, lalu saya cek, hasilnya tetap aja..
    Tolong gan beri solusinya..

    Thanks, gan..

    Jangan lupa kunjungi balik ya..
    di blog saya R-Oren Blog

    ReplyDelete
  14. betul sekali gan...ketika blog saya saya uji pakai alat webmaster dan pakai Alat Uji Coba Data Terstruktur, ketika masuk URL selalu muncul ini gan...

    ReplyDelete
  15. Sudah ane coba Gan , tapi malah ganti Peringatan: Missing required field "name (fn)". ,
    tolong pencerahannya Gan ..
    Thank you ,,

    ReplyDelete
  16. AnonymousJune 28, 2013

    Mantap bang! Ane tinggal error di sini. Mudah-mudahan berhasil, doakan ya!

    ReplyDelete
  17. manteb gan maksih ata infonya

    ReplyDelete
  18. terima kasih infonnya gan sukses ane terapin dah

    ReplyDelete
  19. Nice Info Gan...
    Membantu sekali buat newbie seperti Ane..
    Thanks...
    www.zest-warnet.info

    ReplyDelete
  20. maknyus triknya mas, suksesss..

    ReplyDelete
  21. terima kasih atas bantuannya
    sangat membantu!

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Info bagus banget nih kak,salam kenal juga yah, jangan lupa mampir di rumahku Zona Film Online biar saling kenal

    ReplyDelete
  24. kalau lewat tata letak > blog post terus centang waktu pengeposan, ada yang berhasil ada yang enggak. mungkin yang nggak berhasil harus pake cara di atas ya mas ?

    ReplyDelete
  25. Keren. Membantu banget nih..

    ReplyDelete
  26. saya mencoba tips dari sobat, ketika saya coba, kesalahan "Missing required field updated" tidak hilang jika saya cek di webmaster tool richsnippets untuk "http://namablogsaya.blogspot.com/search/label/kehidupan"
    tapi apabila saya cek blog saya saja tanpa label, tidak ada kesalahan, kira2 cara penyelesaiannya gimana ya?

    ReplyDelete
  27. udah ditambahin tapi koq masih ya gan ...

    ReplyDelete
  28. ijin nyoba gan..

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  30. sekarang ngak ada masalah..

    trimakasih gan ilmunya

    ReplyDelete
  31. Thanks untuk infonya sudah tidak ada warning di blogg saya :)

    ReplyDelete
  32. makasih gan saya coba dulu... salam kenal

    ReplyDelete
  33. Kalau nggak ada kode "" gimana ya bro?

    thanks b4
    JAVA Pulsa

    ReplyDelete
  34. udah di coba sob,,,trimakasih tutorialnya sangat membantu mengatasi missing required field update di blog ku

    ReplyDelete
  35. keren gan,,
    Mampir gan : http://net-tekno.blogspot.com/

    ReplyDelete
  36. thanks gan infonya sangat berguna bagi saya pemula blog gan kalau ada waktu maen2 gan ke blog ane : http://artikel-materi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  37. alhamdullilah bisa gan , terimakasih...

    ReplyDelete
  38. Makasih gan, sukses..
    Oh iya, bdw cara membuat artikel-artikel muncul di bagian footer seperti blog ini bagaimana ya caranya?

    Komentar balik ya gan: akses-ilmu.blogspot.com
    saya subscribe komentar balasannya.

    ReplyDelete
  39. AnonymousJune 16, 2014

    Blog saya kalau dicek pada richsnippets hasilnya gak ada kesalahan. Tapi kok pada data terstruktur webmaster tool masih ada yang error. Gimana nih gan solusinya ?

    ReplyDelete
  40. Makasih gan, sukses..
    Oh iya, bdw cara membuat artikel-artikel muncul di bagian footer seperti blog ini bagaimana ya caranya?

    Berita Teknologi

    ReplyDelete
  41. Makasih..triknya berhasil.

    ReplyDelete
  42. Terima Kasih...... Nasehatnya berhasil...Namun masih ada satu yang belum teratasi yaitu Missing required field "name (fn)".

    Mohon bimbingannya.. Terima kasih.

    ReplyDelete
  43. Berhasil Gan.. saya sudah cek berdasarkan :
    1) Nama blog http://nukeshopbekasi.blogspot.com (Sudah Ok)
    2) Cek berdasarkan Postingan, contoh : http://nukeshopbekasi.blogspot.com/2014/09/hardcase-handphone-dan-flipcase.html (Sudah OK)
    3) Cek di Google Webmastertool --> Tampilan penelusuran --> Data Terstruktur (Sudah Ok), awalnya semua postingan error missing-required-field-upadate.

    Terimakasih : Nuke

    ReplyDelete
  44. makasih mas, cara coba dulu. ^_^

    ReplyDelete
  45. ijin coba visit my blog http://linkvariasi.blogspot.com/2014/07/kursuskomputermurahterbaikdijakarta.html

    ReplyDelete
  46. kok hilang updatenya masih belum hilang gan.. padahal udah mengikuti tutorialnya, mohon bantuanya gan.. Email setiawan4belas@gmail.com. blog;http://setiawan4belaz.blogspot.com/
    terima kasih

    ReplyDelete
  47. gan..
    ane cari di template blog ane koq nggak ada yaa?

    ReplyDelete
  48. postingan anda layak berada di page pertama gan
    salam satu dua jari

    ReplyDelete
  49. mau tanya masgan, sudah di coba dan di cek di richsnippets tool gak ada maslah, tapi di webmaster tool kok tetap ada peringatan kesalahan sama missing required field upadate di beberapa postingan saja, gimana ngatasi nya, trims sebelumnya.

    ReplyDelete
  50. fungsinya untuk apa gan ini?

    ReplyDelete
  51. Terima kasih sekali ilmunya juragan. Saya cari-cari dan menemukan di sini.

    ReplyDelete
  52. terima kasih gan, saya pake cara pertama gk mempan akhirnya cara ke-2 langsung beres.

    ReplyDelete
  53. Makasih banyak gan,,, sangat membantu langsung ok gan
    jalan-jalan ke tempqat ane ya gan
    http://www.muliadimasta.com/

    ReplyDelete
  54. sudah sy ganti 'update' tp belum berhasil gan, masih nongol aja kesalahan hilangnya update di data terstruktur. mohon bantuannya ya.. maaf newby

    ReplyDelete
  55. makasih ilmunya walapun masih error

    ReplyDelete
  56. maksih pecerahanya,,izin tes dulu

    ReplyDelete
  57. thanks bro, kebetulan saya cari cara fix missing update & author
    izin praktek
    http://kang-aksan.blogspot.com

    ReplyDelete
  58. thanks bro, kebetulan saya cari cara fix missing update & author
    izin praktek
    http://kang-aksan.blogspot.com

    ReplyDelete
  59. Mas, kalau cara mengatasi error Image gimana ? saya sudah mencoba semua tutorial tapi tetap tidak mau hilang dan saya menggunakan template default blogger. Mohon di bantu

    ReplyDelete
  60. Mas tolong di jawab ya .
    Kenapa semau artikelku pasti ada kesalahan hilang update .

    ReplyDelete